Cara Setting Merubah Takaran BBM Pada Mesin Pom Mini Digital

Takaran mesin pom mini berubah-ubah merupakan salahsatu kendala yang biasa dihadapi oleh pemilik mesin pom mini digital, hal ini memang sangat menjengkelkan jika ternyata takaran BBM kurang atau bahkan lebih, artinya tidak pas, jika mengisi satu liter yang kaluar buaknya pas satu liter melainkan bisa menjadi 1liter lebih beberapa mili atau bahkan kurang satu liter, jika dibiarkan hal ini bisa membuat kerugian yang berdampak bagi pemilik mesin maupun bagi pembeli BBM di mesin yang kita miliki.

Masalah takaran BBM pertamini salahsatunya dipengaruhi oleh sensor pembaca literan, dimana BBm yang melewati sensor akan dihitung debitnya dan dikonversi menjadi liter, kemudian di tampilkan di layar segmen dan LCD cpu, jika sensor erorr maka kemungkinan literan tidak akan bisa terbaca. Menggunakan sensor yang bagus bukan berarti takaran langsung pas, karena pada mesin pom mini digital terdapat penggaturan atau cara setting literan pertamini melalui CPU program atau yang biasa dikenal dengan sitilah kalibrasi literan pom mini.

Untuk melakukan pengaturan literan BBM pertamini agar pas biasanya menggunakan sebuah kode, dan kode yang dimaksud rata - rata sama digunakan di setiap jenis ic program pertamini, bagi yang belum mengetahui cara merubah takaran BBM pertamini agar pas maka lakukan dengan memasukan kode 1013 di input di keypad CPU, perlu diketahui bahwa sebelum melakukan setting kalibrasi literan, tentukan dulu literan pada mesin dengan cara mencoba menakar  liter, hasilnya pas atau bahkan kurang atau lebih? jika sudah diketahui maka lanjut ke menu 1013 dengan langkash sebagai berikut;

Masukan kode 1013 pada keypad lalu tekan # atau enter, setelah itu layar LCD CPU akan menunjukan edit kalibrasi , jika literan yang tadi ditakar ternyata lebih satu liter maka lakukan pengurangan pada angka fullser, misalnya di LCD (sparepart pom mini) tertera set fulser 400 maka kurangin menjadi 390 (misalnya), lalu enter atau # dan enter jika muncul menu lainnya karena yang akan dilakukan setting hanya kalibrasinya saja, setelah itu coba lagi tes keluarkan satu liter dan jika masih lebih maka masuk lagi ke menu 1013 dan kurangin lagi angka fulsernya, lakuukan sampai pas satu liter.

Bagaimana jika literan satu liternya kurang, maka lakukan sama dengan langkah di atas namun nanti angka fulsernya di tambah, kenapa ditambah? karena literannya kurang jadi fulsernya tambbah sampai pas satu liter. Melakukan set fulser memang harus sabar karena jarang satu kali set langsung pas, namun biasanya beberaa jenis ic cpu menggunakan angka fulser 400 ada juga 200, jadi untuk pertamanya masukan saja angka 200 atau angka 400 barulah melakukan setting kalibrasi.

Mudah mmudahan apa yang kami sampaikan bisa dimengerti maksudnya dan bisa digunakan sebagai panduan melaukan setting kalibrasi pertamini, jika menemukan cpu yang tidak mau muncul tulisan set fulser ketika diinput kode 1013 maka sebaiknya hubungi penjual CPU untuk mendaapatkan kode kalibrasinya, karena kemungkinannya jika tak bisa menggunakan kode 1013 maka bisa saja beda kode.

Untuk melakukan pemesanan alat pom mini silahkan ketahui dulu daftar harga sparepart pom mini terbaru di postingan sebelumnya, cara setting cpu pom mini secara keseluruhan silahkan baca postingan sebelumnya.


Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang cara kalibrasi literan BBM Pertamini agar pas, semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi dan membaca tulisan singkat kami, jika membutuhkan alat pom mini untuk keperluan produksi atau upgrade mesin, jangan ragu untuk mnghubungi kami.

To get the latest update information please subscribe via email, click subscribe